Jumat, 29 November 2013

PROGRAM KERJA DIVISI PA

RENCANA PROGRAM KERJA
DIVISI PEMBINAAN AANGGOTA
KOMPLASI-MALANG
Periode 2013-2014

BAB I KONSEP


Salah satu wadah pembinaan anggota KOMPLASI-MALANG adalah kegiatan pengembangan komunitas. Kegiatan-kegiatan yang diadakan dalam program didasari atas tujuan dari komunitas. Melalui kegiatan yang beragam, anggota dapat mengembangkan bakat, minat, dan kemampuannya.
Namun seperti kegiatan formal lainnya, kegiatan yang berada di bawah naungan-naungan suatu badan dan instansi ataupun bentuk lainnya. Dalam hal ini adalah kegiatan yang berada dalam ruang lingkup KOMPLASI-MALANG, maka suatu kegiatan memerlukan Rencana Program Kerja yang akan dijadikan acuan para anggotanya untuk menjalankan kegiatan-kegiatan.


      A.     PERENCANAAN
Seorang pimpinan harus bisa memilih program kerja yang menjadi prioritas utama dalam sebuah komunitas, yaitu yang menguntungkan untuk komunitas, menentukan sebuah kepanitiaan, dan  menentukan bidang-bidang yang dibutuhkan, menentukan garis-garis besar serta tata cara pelaksanaan program kerja dari tiap-tiap bidang, mengalokasikan sumberdaya, dan mengontrol jalannya pelaksanaan.
Dalam perencanaan program kerja, komponen-komponen yang harus diperhatikan adalah sebagai berikut:
1.      Pemilihan program kerja prioritas.
2.      Menganalisa isu-isu yang ada.
3.      Menentukan tujuan program kerja.
4.      Menentukan cakupan program kerja.
5.      Menentukan garis besar waktu dan pelaksanaan.

      B.     PROGRAM KERJA PRIORITAS
“nama program  kerja”

      C.     TUJUAN : Mengapa harus punya program kerja?
1.      Mendidik/membangun sekelompok ..... agar dapat membuat/mengembangkan...... dengan waktu...... dengan harapan terbentuk menjadi...... dengan segala keterbatasan yang ada.
2.      Program kerja dapat mengurangi apa?
3.      Apa hasilnya untuk komunitas?
4.      Apa kelanjutan dari program kerja (terobosan)?

      D.     ISU : Analisis sistem
1.      Kenapa program kerja ini sampai diajukan?
2.      Kelemahan, kekuatan dari organisasi (dari dalam).
3.      Peluang, ancaman untuk organisasi (dari luar).


      E.      CAKUPAN : Untuk siapa, dan area cakupan seberapa besar?
1.      Diperuntukkan untuk siapa?
2.      Seberapa besar daerah cakupannya?

      F.      WAKTU
1.      Butuh berapa tahap?
2.      Tiap tahap butuh berapa lama?



BAB II PENDAHULUAN

 A.     DEFINISI
1.      Pelatihan mempersiapkan peserta latihan dalam mengambil jalur tindakan tertentu yang dilukiskan oleh teknologi dan organisasi/komunitas tempat bekerja, dan membantu peserta memperbaiki prestasi dalam kegiatannya terutama mengenai pengertian dan keterampilan.

2.      Hari Raya Idul Adha merupakan hari besar umat Islam di seluruh dunia, dimana pada hari tersebut didalamnya terdapat suatu kegiatan yakni penyembelihan hewan ternak (Kurban) dengan tujuan  mendapatkan Ridho Allah swt. Sedangkan penyembelihan hewan ternak (kurban) secara etimologi berasal dari kata bahasa Arab, yakni Qaraba, Yaqrabu, Qurban wa qurbanan wa qirbanan yang meiliki arti dekat. Jadi, kurban berarti mendekatkan diri kepada Allah swt dengan mengerjakan sebagian perintah-Nya. Kurban dalam pengertian kita sehari-hari sebenarnya diambil dari kata udhiyah yakni bentuk jama’ dari kata “dhahiyah” yaitu sembelihan pada waktu dhuha tanggal 10 sampai dengan 13 Dzulhijjah.

B.     MAKSUD DAN TUJUAN
Maksud dan tujuan diadakan pelatihan untuk mencari anggota ahli dalam suatu komunitas adalah menetukan tenaga ahli meningkatkan kinerja komunitas dari berbagai hal dalam kehidupan bermasyarakat.

Tujuan spesifik?
Mendidik 2 orang atau lebih anggota agar mampu merencanakan, mendesain, dan membuat produk sesuai keahlian yang dia dapatkan secara baik dan benar dalam kurun waktu 12 bulan (1 periode) pelatihan dan diharapkan menjadi tenaga ahli dalam bidang tersebut dalam komunitas dengan keterbatasan keuangan yang minim.

Program kerja dapat mengurangi pengangguran secara permanen karena orang yang dikirim dalam pelatihan diharapkan bisa bekerja dan mendapat penghidupan yang layak.

Jika anggota komunitas yang dikirim untuk mengikuti pelatihan, diharapkan anggota tersebut dapat menjadi ahli yang nantinya akan menjadi ujung tombak komunitas untuk membimbing teman-teman dalam komunitasnya agar mempunyai keahlian yang sama.

Hal-hal yang harus diperhatikan dalam membentuk program kerja antara lain:
1.      Analisi isu
a.       Masih sulit mencari anggota yang bisa merancang suatu hal yang berkaitan dengan pengembangan komunitas.
b.      Tidak adanya tenaga ahli dalam komunitas yang bisa digunakan sebagai ujung tombak dalam mengembangkan komunitas.
c.       Program ini diajukan karena dapat membantu perkembangan komunitas secara signifikan dalam berbagai hal.
2.      Kelemahan dari komunitas
Kemungkinan secara individu, orang yang kita tentukan untuk mengikuti pelatihan tidak mampu menguasai keahlian yang diharapkan, untuk itu kita butuh tentukan orang tertentu saja dilihat dari keahliannya sehari-hari.
3.      Kekuatan komunitas
Dengan adanya komunitas pasti ada anggaran yang tersedia untuk program kerja, dan kemungkinan ada dari anggota atau pihak luar yang mau membantu dan memudahkan pengajuan dana untuk program kerja selanjutnya jika program kerja sukses.
4.      Ancaman
Kemungkinan sabotase dari pihak lain yang tidak suka atau yang merasa terganggu dengan kemajuan komunitas.
5.      Peluang
Kita bisa lebih maju dari komunitas lain yang mempunyai core kepentingan sama karena kita punya tenaga ahli dalam merangkul masyarakat secara mental, hal ini bisa terjadi dengan alasan: kita memberi latihan kepada masyarakat agar dapat mencari kerja dan secara otomatis timbal balik nama besar akan tercipta di mata masyarakat yang akan memudahkan kita mencari sponsor yang akan menguntungkan secara organisasi maupun personal.


BAB III NAMA, TARGET, DAN JADWAL KEGIATAN

A.  NAMA KEGIATAN
1.      Shalat idul adha bersama dan pembagian hewan kurban.
2.      Menciptakan anggota ahli dengan melalui pelatihan keterampilan
B.   TARGET KEGIATAN
Target dari kegiatan ini adalah seluruh keluarga KOMPLASI-MALANG.
C.   JADWAL KEGIATAN
Kegiatan akan dilaksanakan pada hari raya idul adha bulan oktober 2013. Pelatihan keterampilan akan dilaksanakan mulai bulan Nopember dan seterusnya. Hari, tanggal, dan jam menyusul.



BAB IV RENCANA PROGRAM KERJA

     A.   RENCANA PROGRAM KERJA JANGKA PENDEK DAN MENENGAH
Sebagai Komunitas yang belum lama ini telah diadakan pembaharuan, meliputi penetapan Ketua KOMPLASI beserta jajarannya, maka direncanakan kegiatan-kegiatan jangka pendek baru tanpa melanjutkan kegiatan-kegiatan jangka pendek dan menengah yang ada pada periode sebelumnya.

Adapun rencana kegiatan jangka pendek dan menengah adalah sebagai berikut:
1.      Takbir bersama (tidak diwajibkan). Tempat menyusul.
2.      Melaksanakan shalat idul adha bersama yang jatuh pada bulan oktober 2013. Tempat menyusul.
3.      Membentuk panitia sukarela pembagian hewan kurban (langsung dipilih oleh ketua KOMPLASI).
4.      Kegiatan pembagian hewan kurban bisa dilaksanakan di kampus/lurah/masjid terdekat (kesepakatan bersama). Kegiatan ini bermaksud untuk memperkokoh tali persaudaraan dan silaturahmi antara anggota KOMPLASI atau dari komunitas/organisasi lain yang berkaitan. Sekaligus memperkenalkan KOMPLASI sebagai komunitas yang berpartisipasi dalam berbagai hal.

     B.   RENCANA PROGRAM KERJA JANGKA PANJANG
Dalam program kerja jangka panjang ini direncanakan akan melanjutkan program-program yang belum terlaksana pada periode sebelumnya, dan akan dilaksanakan pada periode saat ini, hal itu disusun dalam bentuk program sebagai berikut:
1.      Melanjutkan program yang belum terselesaikan pada periode sebelumnya.
2.      Melanjutkan program-program yang berkesinambungan, diantaranya:
a.       Melaksanakan pelatihan keterampilan gabungan yang dilaksanakan per 12 bulan (1 periode) dengan jadwal dan waktu yang akan ditentukan. Tempat menyusul.
b.      Melaksanakn kegiatan-kegiatan tambahan yang berguna untuk memperkokoh tali persaudaraan dan silaturahmi antara anggota KOMPLASI atau dari komunitas/organisasi lain yang berkaitan, dan juga kegiatan-kegiatan yang berkenaan dengan pengembangan diri.
c.       Bekerja sama dengan komunitas/organisasi/instansi yang terkait dalam rangka studi banding untuk melihat sejauh mana perkembangan keluarga KOMPLASI selama menjalani pelatihan.
d.      Mengikuti pertandingan-pertandingan antar komunitas/organisasi/terkait yang diselenggarakan oleh badan-badan atau instansi-instansi yang terkait.

Adapun anggaran  yang akan diajukan untuk pelaksanaan kegiatan-kegiatan program kerja terlampir.


BAB V PENUTUP

Demikian rencana program kerja ini kami susun dengan harapan akan menjadi acuan dalam melaksanakan langkah-langkah kegiatan, sehingga perkembangan kegiatan ini akan lebih jelas dan terarah dalam pencapaian tujuan dengan disertai bantuan oleh pihak-pihak yang terkait, baik secara langsung maupun tidak langsung. Semoga rencana kegiatan ini akan dapat terlaksana dengan baik dan tentu saja hasil akhirnya akan mencapai tujuan yang telah ditentukan serta dapat memberikan manfaat bagi kita semua.



Mengetahui,                                                                                  Malang,  Oktober 2013


Ketua KOMPLASI MALANG                                                      Ketua Devisi PA & Jajaran

0 komentar:

Posting Komentar